Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

Doa Nabi Sulaiman : Doa Penunduk Binatang dan Jin, Doa untuk Kekayaan, dan Doa Syukur

Doa - Nabi Sulaiman AS adalah salah satu nabi yang wajib dipercayai oleh umat Islam. Beliau adalah anak Raja Daud. Namanya disebut dalam Al-Quran sebanyak 27 kali. Sejak kecil, Nabi Sulaiman dikenal telah memiliki kecerdasan berpikir yang luar biasa. Setelah cukup umur, beliau kemudian diangkat menjadi Nabi dan Rasul oleh Alloh.

Doa Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman adalah raja yang berkuasa atas manusia, binatang, dan jin. Kekayaannya yang luar biasa banyak dengan istananya yang sangat megah tak membuatnya silau dan melupakan bahwa semuanya itu adalah titipan. Kekuasaan dan kekayaan Nabi Sulaiman menjadi daya tarik tersendiri bagi umat muslim di masa kini. Banyak yang mencari apa sebetulnya doa yang dipanjatkan Nabi Sulaiman untuk meraih semua yang dimilikinya itu, baik dalam hal menundukan hewan atau jin maupun dalam memperoleh kekayaan yang berlimpah. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami sengaja merangkum kumpulan doa Nabi Sulaiman dan artinya lengkap untuk Anda. Silakan disimak!

1. Doa Nabi Sulaiman Doa Penunduk Binatang Jin

Doa Nabi Sulaiman
Salah satu mukjizat yang diberikan Alloh kepada Nabi Sulaiman adalah mampu berbicara dengan binatang dan jin. Dengan kemampuan tersebut, Nabi Sulaiman yang penuh wibawa dan jiwa kepemimpinan mampu menundukan binatang-binatang serta jin untuk dapat mengikuti perintahnya. Tentu kita masih ingat kisah dalam Al Quran yang menyebut bahwa Nabi Sulaiman pernah memerintahkan suatu jin untuk memindahkan singgasana ratu Balqis dalam sekejap mata. Kisah tersebut adalah bukti bahwa memang Nabi Sulaiman mampu menundukan jin.

Mukjizat Nabi Sulaiman dalam menundukan jin diperoleh setelah beliau memohon kepada Alloh. Dalam doanya, beliau meminta agar diberikan suatu kemampuan sebagai pembuktian bahwa ia adalah benar utusan Alloh. Doa tersebutlah yang saat ini dikenal dengan nama doa Nabi Sulaiman doa penunduk.

Doa Nabi Sulaiman menundukan binatang dan jin sebetulnya masih simpang siur. Akan tetapi, banyak ulama berpendapat bahwa doa tersebut memiliki lafal dan arti seperti tercantum dalam QS An Nahl : 30-31 sebagaimana berikut:

Doa Nabi Sulaiman Doa Penunduk Binatang Jin
Latinnya : “Bismillahirrohmaanirrohim. Allata’luu A’layya Watuunii Muslimiin”.
Artinya: ”Dengan Asma Alloh Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepadaku. Datanglah pada ku sebagai orang-orang yang beriman".

Doa Nabi Sulaiman menundukan binatang dan jin seperti yang disajikan di atas diyakini dapat diamalkan oleh setiap umat muslim untuk beragam keperluan. Misalnya saat ada orang kesurupan, doa tersebut dapat dibacakan sebagai doa untuk mengusir jin yang bersemayam di dalam tubuh orang tersebut. Atau saat akan memancing, doa ini juga bisa dibacakan sebagai doa mancing ikan untuk memanggil ikan-ikan di sungai agar mau makan umpan yang diberikan. Tapi yang jelas keyakinan terhadap karomah dari doa Nabi Sulaiman tersebut tentunya bisa kita percaya maupun tidak. Mengingat sebetulnya tidak ada dalil yang menyatakan karomah dari doa tersebut.

2. Doa Nabi Sulaiman untuk Kekayaan

Selain mampu menundukan binatang dan jin, Nabi Sulaiman juga dikenal memiliki kekayaan melimpah ruah. Kerajaannya mencakup 2/3 luas bumi, sedangkan istananya begitu megah dan sempurna.

Nabi Sulaiman bahkan diyakini sebagai orang terkaya sepanjang masa. Kekayaannya tersebut tentu merupakan anugerah tersendiri yang diberikan Alloh SWT khusus untuk beliau. Anugerah kekayaan dan kekuasaan Nabi Sulaiman diperoleh karena menurut petikan surat An Naml : 19, Nabi Sulaiman memintanya sendiri kepada Alloh. Doa mohon kekayaan inilah yang saat ini diyakini memiliki karomah sehingga banyak dicari umat muslim sebagai sarana memohon kemakmuran. Doa tersebut dikenal dengan doa Nabi Sulaiman untuk kekayaan. Berikut ini lafal dan artinya:

Doa Nabi Sulaiman untuk Kekayaan
Latinnya : “Robbigfirlii Wahabli Mulkali Yambagil Ahdiimimba’di Innaka Antalwahab”.
Artinya : “Allah Ya tuhanku, ampunilah aku dengan segala dosa-dosaku. Anugerahkanlah padaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh orang lain setelahku. Sesungguhnya hanya Engkaulah Dzat Yang Maha Memberi”.

Doa Nabi Sulaiman untuk kekayaan seperti yang tercantum di atas dapat Anda amalkan sebagai sarana permohonan kepada Alloh agar diberikan rezeki yang berlimpah dan berkah. Setiap habis sholat dhuha atau tahajud adalah waktu yang paling tepat untuk membaca doa ini.

3. Doa Nabi Sulaiman Mensyukuri Nikmat

Kekayaan, kekuasaan, dan mukzijat dalam menundukan binatang atau jin yang dimiliki, tidak membuat Nabi Sulaiman jumawa. Beliau tak khilaf dan lupa bahwa semua yang dikaruniakan kepadanya hanyalah titipan semata. Beliau selalu mensyukuri nikmat yang diberikan Alloh melalui sebuah doa yang sangat terkenal. Doa syukur nikmat Nabi Sulaiman, itulah namanya. Berikut adalah lafal dari doa yang tercantum dalam QS Shaad ayat ke 35 tersebut:

Doa Nabi Sulaiman Mensyukuri Nikmat
Artinya : “Ya Allah Yang Maha Tunggal. Jadikanlah aku sebagai hamba-Mu yang pandai bersyukur. Ilhamkanlah kepadaku untuk selalu bersyukur atas segala nikmatmu kepadaku dan kepada kedua orang tua ku. Jadikanlah aku umat yang Engkau ridhoi, serta letakkanlah aku ke dalam golongan orang-orang soleh”.

Karena selalu bermawas diri dan mensyukuri nikmat yang telah diberikan, Nabi Sulaiman pun memperoleh tambahan atas setiap apa yang ia syukuri. Alloh selalu menambahkan dan mencukupi semua kebutuhannya. Mari kita belajar untuk mengikuti jejak Nabi Sulaiman.

Nah, itulah doa Nabi Sulaiman doa penunduk binatang dan jin, doa Nabi Sulaiman untuk kekayaan, dan doa syukur nikmat yang selalu dipanjatkan beliau. Marilah kita amalkan doa-doa mustajab ini dan tetap sekuat hati menjalani kehidupan dengan pedoman islam. Salam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Nabi Sulaiman : Doa Penunduk Binatang dan Jin, Doa untuk Kekayaan, dan Doa Syukur

0 komentar:

Post a Comment