Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

Doa Sakit Hati agar Segera Disembuhkan + Latin dan Terjemahannya

Doa Sakit Hati
Doa Sakit Hati - Hampir semua orang, saya yakin pernah mengalami yang namanya sakit hati selama hidupnya. Sebagaimana sedih dan gembira, rasa  ini sebetulnya merupakan suatu kewajaran. Apalagi,  manusia adalah mahluk sosial yang dalam setiap interaksi dan komunikasinya tidak lepas dari salah dan kekhilafan. Sebab-sebab sakit hati pun sangat beragam, mulai dari masalah sepele hingga masalah yang besar, seperti karena perbedaan pendapat, adanya konflik, dan lain sebagainya.

Bila perasaan sakit hati dibiarkan terlalu lama mengendap di dalam hati, maka hati kita tentu tidak akan sehat. Si pemilik hati bakalan stress dan tidak ceria dalam hidupnya, dan yang lebih parah lagi, karena perasaan sakit hati ini kita menjadi jauh dari Robb kita. Na’udzubillaahi mindzaalik.

Doa Sakit Hati

Untuk mengurangi dan menyembuhkan rasa sakit hati yang dirasakan, tak ada jalan lain yang bisa kita lakukan selain memohon kepada Alloh agar diberikan kesabaran, ketabahan, dan lapang dada. Memohonlah dengan berdoa setiap kali selesai melaksanakan sholat atau di waktu-waktu yang Anda punya dengan doa sakit hati berikut ini:
Latinnya : "Allahuma rabbannas, adz-hibil ba'sa isyfi antasy-syafi la syifa'a illa syifa'uka, syifa'an la yughadiru saqaman"

Artinya : "Ya Allah, Tuhan Pemelihara Manusia, hilangkan penyakit, sembuhkanlah! hanya Engkau yang bisa menyembuhkan, tidak ada kesembuhan kecuali dari-Mu, Kesembuhan yang tidak meninggalkan satu penyakit pun"
Selain memanjatkan doa sakit hati tersebut, Anda juga harus berusaha untuk bermuhasabah, melunakan amarah dan sifat keras hati, berusaha memaafkan, ikhlas dan berpasrah diri.

1. Bermuhasabah
Sebelum menyalahkan orang lain, seharusnya kita dapat berkaca pada diri sendiri. Mungkin saja rasa sakit hati yang  timbul dalam diri kita disebabkan oleh tindakan dan kata-kata kita sendiri. Jika saja kesalahan yang timbul dari apa yang orang lakukan terhadap Anda itu bermula dari diri Anda sudah selayaknyalah rasa sakit hati itu berangsur-angsur hilang. [Baca Juga : Doa Penyejuk Hati Penenang Jiwa yang Amarah Lengkap]

2. Jauhkan Diri dari Sifat Keras Hati dan Amarah
Bila emosi dan amarah telah menyelimuti pikiran dan hati manusia, biasanya apa yang dilakukan oleh manusia tersebut tidak akan didasari oleh pertimbangan akal yang sehat. Bila akal telah lemah, syetan bisa dengan leluasa menguasai tubuh Anda, sehingga masalah yang Anda hadapi justru akan semakin besar dan sakit hati yang Anda rasakan tidak akan sembuh, melainkan bisa saja justru malah bertambah.

3. Tumbuhkan Sifat Pemaaf
Alloh SWT berfirman dalam Surah Al-A’raf : 199: “Jadilah engkau pemaaf, dan tunjukanlah orang untuk mengerjakan kebaikan, serta berpalinglah dari orang-orang bodoh”. Firman ini tentu merupakan sebuah perintah agar kita menjadi pribadi yang mudah memaafkan. Alloh yang menciptakan seluruh isi dunia saja Maha Pemaaf, maka sudah sewajarnya kita sebagai hamba-Nya juga harus bisa saling maaf-memaafkan dan menghindari sakit hati. [Baca Juga : Doa Sabar, Agar Diberi Kesabaran saat Menghadapi Cobaan [Islam]]

4. Kusnuzon (Berprasangka Baik)
Adakalanya seorang menyampaikan sesuatu yang kurang disukainya dengan cara yang kurang tepat. Meski sebetulnya niatnya benar, namun sering disalahtafsirkan sehingga justru menimbulkan rasa sakit hati. Hal tersebut sebetulnya tidak benar dan harus kita hindari. Jika ada seseorang melakukan hal yang Anda rasa kurang tepat, maka belajarlah berkhusnuson sehingga Anda bisa terhindar dari perasaan sakit hati.

5. Ikhlaskan Diri
Ikhlas, kata yang mudah diucapkan, tetapi sangat berat untuk dilakukan. Orang yang ikhlas akan terbebas dari segala penyakit hati termasuk sakit hati. Orang yang ikhlas akan menerima kesalahan yang dilakukan orang lain sebagai bentuk ujian bagi dirinya untuk memperbaiki segala kekurangannya sehingga pribadinya bisa lebih sempurna. Oleh karena itu, ikhlaskanlah diri Anda atas keburukan yang orang lain perbuat, selalu berserah diri, memanjatkan doa sakit hati dan selalu berdzikir pada-Nya.

Nah, itulah beberapa tips menghilangkan rasa sakit hati beserta doa sakit hati yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga kita semua termasuk kedalam golongan orang-orang yang memiliki hati yang selalu bertawakal. Amin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Sakit Hati agar Segera Disembuhkan + Latin dan Terjemahannya

0 komentar:

Post a Comment