Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

Doa Pembuka Hati dan Pikiran Seseorang

Doa Pembuka Hati
Doa Pembuka Hati - Pernahkah Anda dalam suatu kesempatan ketika Anda hendak menyampaikan sebuah penjelasan atau pengetahuan pada orang lain, Anda merasa kesulitan. Lawan bicara Anda menganggap Anda salah, atau merasa bahwa sesuatu yang Anda sampaikan tidak penting? Jika ia, maka nampaknya perlu membuka hati dan pikirannya terlebih dahulu agar ia bisa menerima penjelasan atau pengetahuan yang akan Anda berikan. Bagaimana caranya? Simak pembahasan Blog Doa Sholat berikut ini!

Doa Pembuka Hati

Dalam ilmu komunikasi, ada banyak hal yang bisa kita lakukan agar seseorang terbuka hatinya dan dapat menerima penyampaian dari kita. Salah satu contohnya misalkan dengan mengajaknya membicarakan hal-hal yang disukainya terlebih dahulu, menyampaikan hal-hal bersifat umum dan memiliki nilai kebenaran bagi logikanya, dan lain sebagainya. [ Baca : Doa Ketenangan Hati ]

Cara-cara tersebut sejatinya cukup baik dan bisa Anda coba terapkan agar penyampaian yang Anda berikan tidak sia-sia. Namun selain itu, ada satu cara lain yang juga bisa Anda lakukan secara beriringan, yaitu dengan berdoa. Ya, berdoalah kepada Alloh agar lawan bicara Anda hatinya terbuka sehingga penyampaian yang Anda berikan bisa diterima olehnya dengan mudah. Berikut ini adalah doa pembuka hati yang dapat Anda lafalkan:

Doa Pembuka Hati
Latinnya : “Robbisy Rohlii Shodrii, Wa Yassir Lii Amrii, Wahlul 'Uqdatam Mil Lisaanii, Yafqohuu Qoulii.”

Artinya : “Ya Allah, ya Tuhanku lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, uraikanlah simpul pengikat lisanku, agar mereka dapat memahami perkataanku.”
Bagi para penceramah atau pembicara, doa pembuka hati tentu selalu mengawali pembicaraannya. Saya pun yakin, jika Anda sering ikut pengajian atau mendengarkan pidato Islami, Anda pasti sudah akrab mendengar doa tersebut. Namun jangan salah tafsir. Doa pembuka hati sejatinya bukan hanya baik diucapkan untuk mengawaili pidato, melainkan juga baik diucapkan ketika kita akan memulai pembicaraan yang serius tentang bisnis, menyampaikan pelajaran bagi seorang guru terhadap siswanya, atau ketika akan memimpin rapat. [ Baca : Doa Ulang Tahun untuk Diri Sendiri ]

Doa pembuka hati tersebut akan membantu pembicara agar lebih tenang dan menghilangkan kekakuan di lidahnya, serta membuat orang yang mendengarkan bisa dengan mudah menerima apa yang di sampaikan. Kalau tidak percaya, silakan di  coba!

Nah, itulah informasi tentang doa pembuka hati dan pikiran seseorang yang dapat kami bahas di kesempatan yang berbahagia ini. Semoga dengan membaca doa tersebut, lawan bicara Anda bisa dengan mudah memahami perkataan dan penjelasan Anda dan terbebas dari kekakuan di lidah. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Pembuka Hati dan Pikiran Seseorang

0 komentar:

Post a Comment