Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar dalam Islam

Doa Sebelum Belajar
Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi kita semua. Tak mengenal usia, baik tua maupun muda, anak-anak atau  orang dewasa, semuanya wajib memperdalam ilmu, terutama ilmu agama. Nah, terkait dengan kewajiban menuntut ilmu ini, tentu kita tak bisa dilepaskan dari proses belajar. Proses belajar adalah satu-satunya cara yang bisa kita lakukan untuk menyerap sedikit dari pelajaran yang diberikan oleh Alloh SWT yang tampak dialam semesta ini. Adapun untuk mengefektifkan proses belajar tersebut, Islam telah mengajarkan bagaimana cara belajar yang baik beserta tabiat ketika kita hendak belajar.  Salah satu tabiat tersebut adalah dengan membaca doa sebelum belajar dan doa setelah belajar seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.


Doa Sebelum Belajar

Untuk mengefektifkan hasil belajar, Islam menganjurkan kita untuk membaca doa sebelum kita mulai belajar. Adapun doa sebelum belajar seperti yang dicontohkan oleh Rosululloh melalui beberapa hadistnya memiliki bacaan sebagai berikut:

Doa Sebelum Belajar
Latinnya : “Rodittubillahi robba, wabil islami dina, wabim  muhammadin nabiyya wa rosulla, robbi zidnii ilmaan, warzuqnii fahmaan."

Artinya : “Kami ridho Allah sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Muhammad sebagai Nabi dan Rasul ku. Ya Allah, tambahkanlah padaku ilmu dan berikanlah aku pemahaman yang baik”.
1. Doa untuk Orang Tua
2. Doa untuk Orang Sakit
3. Doa Sebelum Tidur

Doa Setelah Sholat untuk Memudahkan Belajar

Selain diucapkan tepat sebelum belajar, untuk mengefektifkan proses belajar, doa juga dapat dibaca setelah sholat. Doa untuk memudahkan belajar yang dilafalkan setelah sholat memiliki bacaan sebagai berikut:

Doa Sebelum Belajar
Latinnya : “Rabbanan fa’naa bima alamtanalladzi yangfa’una, wa zidna ‘ilman, walhamdulillahi ‘ala kullihal”.

Artinya : “Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami, ilmu yang bermanfaat. Ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami, serta tambahkan ilmu kami. Segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan”.

Doa Setelah Belajar

Agar apa yang dipelajari akan tetap mudah diingat, ada baiknya kita juga membaca doa setelah belajar. Doa tersebut memiliki bacaan sebagai berikut:

Doa Sebelum Belajar  Islam
Latinnya : “Allahumma innii istaudi'uka maa allamtaniihi fardudhu ilayya 'inda haajati ilaihi walaa tansaniihi yaa robbal 'aalamiin".

Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya aku titipkan kepada Engkau, apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah ia ketika aku membutuhkannya. Dan janganlah Kau buat aku lupa padanya, Wahai Tuhan yang memelihara alam".

Tips Belajar Efektif ala Islam

Selain dengan membaca doa sebelum belajar dan setelah belajar, Anda juga dapat mengefektifkan proses dan hasil belajar dengan mengikuti 9 tips belajar efektif yang telah terbukti berhasil mengantarkan anak-anak saya menjadi juara di kelasnya. Berikut ke sembilan tips belajar efektif tersebut:
  1. Tentukan tujuan belajar. Menentukan tujuan akan membuat kegiatan belajarmu lurus di jalurnya, fokus, dan tidak menggak-menggok.
  2. Tentukan target yang ingin dicapai dari hasil belajar. Misalnya memiliki nilai ulangan yang tinggi, nilai raport yang memuaskan, atau lulus dengan predikat cum laude.
  3. Buat jadwal belajar dan taati jadwal tersebut, sehingga jika Anda melanggarnya buat sangsi untuk diri Anda sendiri.
  4. Istirahat dan berikan penyejukan bagi otak Anda. Bebaskan ia 5 sampai 10 menit dalam proses belajar agar otak tidak kaku.
  5. Tuliskan dan tandai hal-hal yang menurut Anda penting pada buku yang dipelajari. Buat ringkasan dan jembatan keledai agar Anda lebih mudah mengingatnya.
  6. Buat kondisi ruang belajar Anda nyaman. Atur sedemikian rupa sehingga Anda benar-benar rileks berada di dalamnya.
  7. Jauhkanlah semua gangguan seperti kebisingan TV, mesin cuci, dan keramaian jalanan.
  8. Kenali tipe belajar Anda. Jika Anda suka belajar dengan gambar, simbol, dan visualisasi, maka libatkanlah hal-hal visual itu dalam kegiatan belajar Anda.
  9. Baca, dan baca, jangan bosan, jangan malas untuk belajar dan terus giat belajar.
  10. Jangan lupa baca doa sebelum belajar dan doa setelah belajar agar hati dan pikiran tenang saat menerima dan menyudahi proses belajar.

Nah, itulah tips belajar efektif serta doa sebelum belajar dan setelah belajar yang dapat kami sampaikan. Terapkan tips dan doa-doa tersebut pada diri atau anak Anda sehingga ia bisa menjadi sang juara. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar dalam Islam

0 komentar:

Post a Comment