Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

Doa Mohon Panjang Umur dan Kesehatan

Doa Mohon Panjang Umur
Doa Panjang Umur – Siapa orangnya di dunia ini yang tak mau jika dikarunia umur yang panjang. Saya kira tentu tidak ada. Semuanya saya yakin ingin memiliki umur yang panjang sehingga ia bisa terus menikmati kehidupan di dunia lebih lama, mengantarkan dan menyaksikan anak, cucu, dan buyutnya menuju jalan kesuksesan. Namun, perkara umur tentu kita tidak bisa mengetahuinya. Saat ini sehat segar dan bugar, belum tentu esok masih bisa bernafas. Saat ini sedang sakit parah, belum tentu sebentar lagi ia akan mati. Ya, begitulah umur.

Doa Panjang Umur

Meski perkara maut dan panjang atau pendeknya umur seseorang hanyalah rahasia –Nya, namun bukan berarti kita harus berpasrah diri. Kita bisa memohon kepada-Nya agar dikaruniai umur yang panjang, umur yang berkah, umur yang penuh dengan kebaikan melalui doa-doa yang kita panjatkan setiap habis sholat atau kapanpun sekira waktunya memungkinkan.

Adapun doa panjang umur sebetulnya banyak sekali macamnya, baik itu yang dalam bahasa Indonesia ataupun yang bahasa Arab. Salah satu doa panjang umur tersebut misalnya sebagai berikut:

Doa Mohon Panjang Umur
Latinnya : “Allahumma Thawwil Umuurona, Wa Shahhih Ajsaadana, Wa Nawwir Quluubanaa, Wa Sabbit Iimaananaa, Wa Ahsin A'maalanaa, Wa Wassi' Arzaqanaa, Wa Ilal Khairi Qarribnaa, Wa 'Anisy-Syarri Ab'idnaa, Waqdhi Khowaa-Ijana, Fiddiini Waddunyaa, Wal Aakhirati, Innaka 'Alaa Kulli Syai-In Qadiir.”

Artinya : “Ya Allah, Panjangkanlah umurku, sehatkanlah aku, terangilah hatiku, tetapkanlah imanku, baikkanlah amalanku, luaskanlah rezekiku, dekatkanlah aku pada kebaikan, dan jauhkanlahku dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhanku, baik dalam urusan agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”
Selain doa panjang umur di atas, Anda juga dapat membaca doa sapu jagad untuk memohon umur yang panjang kepada-Nya. Doa sapu jagad juga sebetulnya berisi permohonan agar kita dikaruniai umur panjang. Berikut bacaan doa tersebut.

Doa Mohon Panjang Umur
Latinnya : “Allaahumma Innaa Nas-Aluka, Salaamatan Fid Diini, Wa 'Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyaadatan Fil 'Ilmi, Wa Barakatan Fir Rizqi, Wa Taubatan Qablal Mauti, Wa Rahmatan 'Indal Mauti, Wa Maghfirotan Ba'dal Mauti.”

Artinya : “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan pada tubuh, penambahan dalam ilmu, keberkahan dari rizqi, taubat sebelum mati, rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.”

Tips Supaya Panjang Umur

Meski Anda membaca doa panjang umur dengan ikhlas setiap hari dan malam, namun jika Anda tidak berikhitiar maksimal, tentu hasilnya akan sia-sia. Oleh karena itu, lakukanlah ikhtiar dengan menjalani tips-tips berikut sembari Anda memanjatkan doa, supaya umur panjang akan dapat Anda peroleh.
  • Mengontrol tingkat stres hingga ke tingkat yang paling rendah.
  • Mengkonsumsi hanya makanan-makanan yang sehat.
  • Rutin berolahraga.
  • Hilangkan permusuhan dan tanamkan rasa cinta antar sesama.
  • Jangan berhenti untuk belajar.
  • Tingkatkan selera humor Anda.
  • Hilangkan berbagai kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman keras.

Nah, itulah tips-tips supaya memiliki umur yang panjang beserta doa mohon panjang umur yang dapat saya sampaikan di kesempatan kali ini. Semoga dengan menerapkan keduanya, Anda bisa dikaruniai umur panjang dan sehat selalu. Amin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Mohon Panjang Umur dan Kesehatan

0 komentar:

Post a Comment